Artikel

DESA BOJONGSARI DAN UNIVERSITAS TELKOM BEKERJA SAMA MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KEPADA MASYARAKAT

17 Juni 2021 15:24:37  adminbojongsari  322 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada saat ini teknologi informasi sudah menjadi alat utama untuk dapat unggul dalam kompetisi. Tidak terlepas diinstansi pemerintahan, saat ini penggunaan teknologi sedang gencar-gencarnya ditingkatkan, hal ini agar kualitas layanan kepada masyarkat dapat ditingkatkan sehingga masyarakat merasa puasa atas layanan yang diberikan pemerintah, yang merupakan tolak ukur keberhasilan dari pemerintah.

Desa Bojongsari merupakan salah satu desa dilingkungan Kecamatan Bojongsoang, yang masih mempertahankan karakter  tradisional dikalangan masyarakatnya. Namun demikian aparatur desa Bojongsari memiki Visi untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu alat meningkatkan keberhasilan pembangunan Desa . Hal ini sejalan dengan kebijakan  Provinsi Jawa Barat  tentang percepatan pemulihan ekonomi Jawa Barat melalui  Desa Digital.

Salah satu pilar desa digital adalah Village Service Software, dimana untuk melakukan berbagai pelayanan  dalam berbagai sektor dimanfaatkan  software, sehingga bisa meningkatkan kecepatan dan ketepatan layanan.

Desa Bojongsari berkerjasama dengan tim dosen  Universitas Telkom yang terdiri dari Nia Ambarsari,S.Si,M.T, Deden Witarsyah ST., M.Eng., Ph.D dan Dr. Irfan Darmawan, yang merupakan dosen dari Program Studi Sarjana Sistem Informasi Fakultas Rekayasa Industri, berusaha melengkapi sarana TI untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelayanan tentang kependudukan.

Melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Tim Dosen Universita Telkom yang berjudul Implementasi Aplikasi Pengajuan surat Keterangan Berbasiskan Website Di Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang, mencoba membangun software untuk pengajuan surat permohonan pengantar dari RT/RW dilingkungan  Desa Bojongsari. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang melengkapi aplikasi surat menyurat yang sudah diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung.

Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan penduduk desa dalam mengajukan surat pengantar  dari RT/RW untuk membuatan surat keterangan  atau surat pengantar ke desa. Melalui Aplikasi ini semua warga harus memasukan data seluruh anggota keluarga sesuai dengan yang tercantum di Kartu Keluarga masing-masing. Setelah seluruh data tersimpan diaplikasi, maka setiap warga dapat mengajukan permohonan surat pengantar dari RT/RW melalui aplikasi, sehingga tidak perlu bertemu langsung dengan pengurus RT/RW. Pengurus RT/RW dapat memproses surat pengantar ini melalui aplikasi tersebut dengan cara meng approve pengajuan yang diajukan oleh warganya. Selain itu pihak kelurahan dapat melihat daftar warga yang mengajukan surat pengatar diseluruh RW, sehingga dapat memprosesnya walaupun warga belum datang ke Kantor Desa Bojongsari. Harapannya dengan proses seperti itu maka kecepatan pelayanan dapat ditingkatkan.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan bersama Tim dari Universitas Telkom dan Aparat Desa Bojongsari, Software yang telah dibuat dapat dikembangakan kearah software yang mampu menyediakan berbagai data atau informasi untuk pembuatan profile desa yang selalui harus dibuat setiap satu tahun sekali. Kebutuhan tersebut direncanakan akan diwujudkan pada kerjasama Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat pada periode berikutnya dengan skema yang berbeda.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak yaitu Desa Bojongsari dan Universitas Telkom.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : JL. BOJONGSARI No. 70
Desa : Bojongsari
Kecamatan : Bojongsoang
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40288
Telepon :
Email : desabojongsari1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:131
    Kemarin:76
    Total Pengunjung:71.069
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:103.17.183.2
    Browser:Tidak ditemukan

jadwal shalat


jadwal-sholat

Lagu Desa Bojongsari "Aswan Levina"